Skip to content

Tips Makanan Rendah Kalori yang Lezat dan Simpel

Tips Makanan Rendah Kalori – Adalah jenis makanan yang tidak mengandung kalori tinggi dan dapat dijadikan sebagai menu sehari-hari. Makanan lezat tentu menjadi idaman setiap orang. Namun, seringkali makanan yang lezat mengandung kalori yang tinggi dan tidak sehat untuk disantap setiap hari. Namun ternyata anggapan tersebut tidak selamanya benar.

Ada beberapa tips yang bisa digunakan sebagai referensi untuk Anda yang mencari makanan yang lezat namun rendah kalori. Meskipun tergolong sebagai makanan yang enak, namun beberapa tips berikut ini aman untuk dikonsumsi bahkan ketika Anda sedang diet. Berbagai menu rendah kalori tidak akan menambah timbunan lemak di badan Anda. selain itu, beberapa tips makanan rendah kalori berikut ini aman untuk dikonsumsi sehari-hari karena tidak menimbulkan efek samping negatif untuk tubuh Anda.

Tips Makanan Rendah Kalori

Ganti nasi dengan shirataki

Shirataki yang merupakan salah satu jenis jamur kini dibuat menjadi pengganti beras. Nasi shirataki memiliki bentuk yang cenderung mirip nasi biasa. Hanya saja, nasi shirataki memiliki warna yang lebih transparan. Dari segi rasa, shirataki tidak memiliki perbedaan rasa dengan nasi dari beras biasa. Namun, kalori dari nasi shirataki jauh lebih rendah. Selain itu, nasi shirataki juga mengandung fiber dan serat yang lebih tinggi sehingga aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

Bila Anda ingin mengganti menu makanan Anda dengan menu yang rendah kalori dan sehat untuk dikonsumsi, Anda bisa mengganti nasi biasa dengan nasi shirataki. Menu ini tidak akan mengurangi kelezatan makanan yang dikonsumsi, namun tetap mengandung serat yang tinggi dan sehat untuk tubuh Anda. Dari cara memasaknya, tidak ada perbedaan yang mendasar antara nasi dari beras biasa dan nasi shirataki. Anda hanya perlu menyesuaikan takaran air untuk memasak nasi shirataki sehingga hasilnya akan terasa enak.

Kurangi makanan yang digoreng

Kalori yang tinggi juga bisa berasal dari menu gorengan yang disajikan setiap hari. Sudah menjadi rahasia umum jika menu makanan yang digoreng mengandung minyak yang tinggi. Minyak goreng tersebut sangat tidak sehat bila dikonsumsi terlalu sering setiap hari. Minyak yang tidak larut dalam tubuh dapat tertimbun menjadi lemak jahat di dalam tubuh. Selain itu, kalori yang tinggi dari makanan yang digoreng juga tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda, terutama kesehatan jantung.

Ada solusi untuk menghindari hal tersebut. Anda bisa menjadikan menu rebusan atau makanan yang dikukus untuk menggantikan menu gorengan yang disajikan setiap hari. Menu kukusan atau rebusan tidak mengandung minyak yang jahat untuk tubuh. Dari segi kalori, menu rebusan dan kukusan juga mengandung kalori yang lebih rendah. Kandungan gizi dari menu rebusan dan kukusan tidak akan hilang sehingga lebih baik untuk kesehatan tubuh Anda. Secara bertahap, kurangi menu gorengan yang dikonsumsi sehari-hari dan gantilah menu tersebut dengan menu rebusan atau makanan yang dikukus supaya tubuh Anda mendapatkan menu makanan yang lebih sehat dengan kalori yang lebih rendah.

Ganti minyak goreng dengan olive oil

Bila Anda ingin membuat menu yang digoreng, ada 1 solusi lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Anda bisa menggantikan penggunaan minyak goreng dengan olive oil yang lebih rendah kalori. Cara ini bisa mengurangi kalori yang ada pada menu yang digoreng.

Meski mengurangi jumlah kalori, namun olive oil tidak mengurangi kelezatan menu makanan dan aman untuk kesehatan tubuh. Olive oil dapat digunakan untuk menggoreng makanan dan dapat dijadikan salah satu pengganti ketika menumis berbagai bahan. Konsumsi minyak yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Kandungan minyak berlebih juga berpotensi menjadi pemicu munculnya berbagai jenis penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, mengurangi penggunaan minyak goreng dalam menu makan sehari-hari merupakan langkah yang baik untuk dilakukan. 

Hindari minuman yang mengandung gula tinggi

Beberapa tahun terakhir, minuman kekinian dengan berbagai rasa yang lezat telah menjadi bagian dari gaya hidup. Di berbagai pusat perbelanjaan, minuman tersebut bisa ditemukan bisa ditemukan dengan mudah. Namun, banyak yang belum menyadari bahwa jenis minuman tersebut mengandung gula yang sangat tinggi. Bila dikonsumsi terlalu sering, kandungan gula yang tinggi dapat menyebabkan gangguan kesehatan dalam jangka panjang. 

Demi menjaga kesehatan tubuh Anda, sebaiknya hindari menu minuman tersebut. Gula yang tinggi juga mengandung kalori yang tinggi sehingga sisa kalori yang menumpuk pada tubuh akan tertimbun dan membuat berat badan Anda terus meningkat. Menu minuman tinggi kalori bisa digantikan dengan mengonsumsi berbagai jenis jus buah-buahan yang sehat untuk tubuh karena mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral alami yang dibutuhkan untuk tubuh.

Pilih oatmeal sebagai menu selingan

Agar kalori dalam tubuh tidak tertimbun dalam tubuh, menu selingan di pagi atau sore hari bisa diganti dengan oatmeal. Oatmeal merupakan menu yang sehat, namun tidak mengandung kalori yang tinggi. Selain itu, oatmeal juga mengandung serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari. 

Pemilihan menu makanan dengan kalori yang berimbang sangat disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Beberapa menu pengganti dapat digunakan sebagai cara mudah untuk menurunkan asupan kalori sehari-hari, namun tetap menerapkan menu yang sehat untuk tubuh Anda. Tidak perlu khawatir, tips makanan rendah kalori tidak akan mengurangi kelezatan makanan Anda sehingga bisa dijadikan sebagai variasi menu setiap harinya.

Share Button