Skip to content

Tips Makan Cepat Ala Militer, Intip Yuk Caranya Disini!

Tips Makan Cepat Ala Militer – Time is money, waktu adalah uang. Bagi sebagian besar orang yang dituntut untuk memiliki disiplin yang tinggi, dengan manajemen waktu yang baik, waktu adalah segalanya. Tidak ada kata lelet dan lambat. Segala sesuatu berjalan serba cepat dan praktis termasuk saat kita sedang makan.

Memang, sebagian orang berpendapat bahwa saat makan adalah saatnya kita untuk santai dan menikmati momen makan tersebut. Namun, pada beberapa kesempatan kita dituntut untuk makan dengan tempo yang lebih cepat demi menghemat waktu. Khawatir tersedak? Nah, ini sekarang saatnya Anda untuk mengintip tips makan cepat ala militer yang membantu Anda untuk me-manage waktu dengan baik. Simak yuk selengkapnya!

Begini tips makan cepat ala militer

Militer bertanggung jawab atas keamanan negara. Oleh sebab itu, disiplin yang tinggi diterapkan agar waktu tidak terbuang sia-sia. Saat sedang berdinas waktu yang dimiliki oleh prajurit tersebut dialokasikan dengan baik hingga cara makan pun diatur. Dalam kesehariannya, saat sedang makan bersama di tengah break latihan misalnya, para anggota militer itu akan melakukan hal berikut ini:

  1. Para anggota militer yang akan melakukan makan siang bersama WAJIB berbaris rapi untuk mengambil air minum terlebih dahulu. Masing-masing gelas telah disiapkan dan air pun mulai dituang pada setiap gelas prajurit. Para anggota militer itu berbaris dengan rapi, dengan wajah yang serius dan sikap yang tegap (agaknya untuk part yang ini sifatnya optional ya, kita bisa menirunya atau tidak karena part ini berhubungan dengan momen makan secara massal)

  2. Selanjutnya, masing-masing prajurit tersebut satu persatu masuk ke ruangan. Terlebih dahulu mereka akan memberi hormat lalu masuk dalam ruangan yang luas dimana meja panjang dengan kursi di sebelah kanan dan kirinya telah di tata dengan rapi. Masing-masing kursi di setting berhadapan dan berjejer satu dengan yang lain.

  3. Para anggota militer makan dengan menggunakan wadah berupa aluminium dengan ukuran yang besar. Wadah ini cukup efektif untuk menampung menu makanan dengan nutrisi yang komplit yang Anda butuhkan. Anda bisa mencobanya. Meski bukan dengan material aluminum, namun Anda bisa memilih wadah yang besar. Tujuannya adalah agar Anda tidak perlu berulang kali mengambil bahan makanan yang dibutuhkan di saat sedang makan. Jika demikian, akan cukup banyak waktu Anda yang terbuang saat sedang makan. Pilih wadah dengan ukuran yang besar yang sekiranya menampung sejumlah nutrisi yang Anda butuhkan selama makan. Di wadah makan itu tersedia nutrisi yang komplit mulai dari nasi, sayur, lauk dan juga buah. Di sebelahnya Anda bisa meletakkan air minum.

  4. Saat sedang makan, bagian yang bergerak hanyalah tangan. Tangan yang aktif menyuapkan ke mulut dan bukan bagian tubuh yang lain. Saat makan, bukan kepala yang semestinya menunduk ke piring, namun tanganlah yang harus bergerak menyuapkan sendok ke area mulut. Kepala tidak sebaiknya menunduk, kepala tidak boleh menoleh, sebab yang bergerak selama proses makan berlangsung adalah tangan.

  5. Saat makan, anggota militer menerapkan disiplin tinggi. Semua  anggota dilarang bersuara, dilarang ngobrol dan tidak diperkenankan sendok dan piring yang bergesekan itu menimbulkan suara. Selama proses makan ini, para anggota militer akan diawasi oleh pengawas yang hilir mudik. Sekali saja terjadi kesalahan selama proses makan tersebut, yang tidak sesuai dengan rule makan militer, segera sanksi pun diluncurkan pada yang bersangkutan.

Beberapa aktivitas yang sering kali kita lakukan saat makan rupanya berlawanan dengan tips makan cepat ala militer seperti yang tersebut diatas. Diantaranya adalah:

  • Kita sering kali menggerakkan badan terutama kepala saat sedang makan untuk mendatangi suapan sendok. Bukan sendok yang datang ke kita, tapi kedatangan sendok itu serta merta kita sambut dengan menundukkan kepala. Tentu saja sikap ini kurang praktis.

  • Sering kali, saat kita makan bersama teman atau keluarga, momen makan tersebut menjadi momen ngobrol yang tidak cepat usai. Bagi Anda yang ingin menghemat waktu makan agar lebih produktif dan semua waktu teralokasikan dengan baik, maka yuk pisahkan antara waktu ngobrol dengan waktu makan kita. Makan sambil ngobrol tidak hanya menghabiskan waktu produktif Anda, namun juga rawan mengganggu sistem pencernaan. Disini, tips makan cepat ala militer tidak berarti proses makannya terburu-buru hingga kita tersedak ya. Namun lebih ke perbaikan manner saat makan sehingga proses makan pun berjalan lebih cepat dan tepat sasaran. Meski anggota militer makan dalam ruangan yang isinya ratusan orang, namun ini tidak menjadi momen ngobrol, namun lebih ke momen makan yang khusyu’.

  • Kebiasaan yang lain yang biasa kita lakukan adalah, saat sedang makan kita sering kali menimbulkan bebunyian. Bunyi tersebut muncul lantaran gesekan antara piring dan sendok yang menggaduhkan suasana dan tidak menutup kemungkinan mengalihkan perhatian pihak lain yang sedang makan bersama kita. Disiplinkan diri dengan berusaha menghindari bebunyian atau dentingan yang terjadi antara piring dan sendok sehingga momen makan pun menjadi tenang dan segera kita pun bisa beralih ke aktivitas yang lain yang perlu di handle secepatnya.

Karena time is money, maka yuk kita pertimbangkan baik-baik waktu yang kita habiskan selama waktu makan. Tips makan cepat ala militer seperti tersebut di atas akan membantu Anda untuk makan dengan durasi waktu yang singkat namun tidak mengganggu kesehatan.

Share Button