Skip to content

Resep Tumpeng Mini khas Tumpeng Mini Jakarta

Di era modern dan unik seperti sekarang ini, nasi tumpeng tidak lagi menjadi sajian yang bersifat resmi dan hanya dapat ditemukan di momen-momen mewah. Nyatanya, nasi tumpeng yang disajikan dalam porsi besar, beserta segala lauk-pauk dan komponennya, dapat dinikmati secara santai dan mudah, tentunya masih dalam suasana yang ramai dan meriah. Tumpeng Mini Jakarta dapat menjadi destinasi Anda untuk pembautan nasi tumpeng yang istimewa nan menggiurkan. Tidak hanya sampai di situ, spesialnya adalah variasi nasi tumpeng tersedia dalam bentuk mini hingga besar.

Tentang Tumpeng Mini Jakarta

Tumpeng Mini Jakarta unggul dalam hal kualitas maupun harga. Layanan ini menggunakan hanya beras pulen sebagai bahan dasar utama nasi kuningnya, sehingga proses pencetakan atau pembentukan menjadi sebuah tumpeng yang sempurna dapat dilakukan dengan baik. Selain itu, variasi nasi tumpeng pada layanan ini menyediakan kombinasi beras putih dan beras ketan bagi Anda yang mungkin memiliki permintaan tertentu.

Khususnya untuk tumpeng mininya, layanan ini tentu masih menggunakan cetakan berbentuk kerucut, tetapi dengan diameter yang menyesuaikan konsep kudapan untuk 1-2 orang saja. Tetap dengan ketersediaan lauknya pula, seperti telur dadar, oseng tempe, oseng kentang, hingga ayam goreng tentu akan menambah kesan manis dalam menikmati sajian menarik ini. Jika memungkinkan, Anda dapat mengajukan permintaan lainnya untuk aneka lauk yang lebih banyak, seperti sayuran, hingga sambal dalam berbagai varian yang dapat disediakan.

Resep Khas Tumpeng Mini Jakarta

  • Nasi Kuning
  1. 500 gram beras
  2. 2 lembar daun salam
  3. 1 batang sereh
  4. 1 sendok teh kunyit bubuk
  5. 1 sendok makan air jeruk nipis
  6. 350 ml air
  7. 250 ml susu
  8. 150 ml santan
  9. Bumbu penyedap
  • Ayam goreng
  1. 1 ekor ayam yang dipotong menjadi beberapa bagian
  2. 2 lembar daun salam
  3. 1 barang sereh
  4. 500 ml air
  5. Bumbu ungkep yang telah dihaluskan
  6. Bumbu penyedap
  • Pelengkap
  • Cara membuat
  1. Nasi: Masukkan beras ke dalam alat masak. Masukkan rempah dan bumbu, mulai dari air, air jeruk nipis, daun salam, kunyit, sereh, santan, hingga susu. Tambahkan bumbu penyedap secukupnya jika dikehendaki. Masak nasi hingga matang.
  2. Ayam: Panaskan minyak untuk menggoreng. Persiapkan bumbu ungkep dari bahan-bahan dan rempah yang telah diolah sebelumnya, kemudian tumis dalam minyak yang sudah dibiarkan panas tadi. Masukkan potongan ayam untuk digoreng. Tambahkan bumbu penyedap secukupnya jika dikehendaki. Masak potongan ayam hingga matang, yaitu hingga menunjukkan perubahan warna ke arah kekuningan.
  3. Masak air dengan api sedang, kemudian masukkan ayam yang telah melalui proses proses. Diamkan hingga air menyusut dan menyisakan seperempat bagian saja. Angkat ayam.
  4. Untuk hasil akhir yang maksimal, goreng potongan ayam tadi hingga berubah warna ke arah coklat keemasan. Warna ini menunjukkan daging ayam telah matang dan garing seutuhnya. Angkat, kemudian tiriskan.
  5. Cetak nasi yang sudah matang hingga menyerupai tumpeng, kemudian letakkan di bagian tengah. Sajikan nasi tumpeng dengan lauk, sayur dan ornamen lain sesuai yang telah disiapkan dan dinginkan.

Tidak sulit bukan membuat nasi tumpeng? Namun pastikan untuk selalu memercayakan kebutuhan Anda pada Tumpeng Mini Jakarta, untuk hasil nasi tumpeng yang lezat dengan harga yang bersahabat. Anda dapat menikmati sajian tumpeng yang cocok untuk kegiatan sehari-hari, maupun acara spesial hingga perayaan lainnya.

Share Button