Skip to content

Resep Sederhana Membuat Sambal Teri Daun Kemangi

Sambal merupakan masakan yang memiliki cita rasa pedas dan tentunya menjadi favorit bagi banyak orang. Ada cukup banyak macam atau jenis sambal yang dikenal oleh kebanyakan orang. Tingkat kepedasan nya pun berbeda-beda sesuai dengan selera masing-masing orang. Bahkan setiap jenis sambal memiliki cita rasa yang tidak sama sehingga antara satu orang dengan orang yang lainnya biasanya memiliki sambal favorit yang berbeda. Salah satu sambal yang sangat populer dan menjadi favorit banyak orang adalah sambal teri kemangi yang tentunya tidak diragukan lagi rasanya. Untuk membuat jenis sambal ini pun bisa dikatakan cukup mudah karena bahan dasarnya sebenarnya sama dengan sambal pada umumnya.

Resep Pertama

Sebelum memulai membuat sambal maka terlebih dahulu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. beberapa bahan yang diperlukan antara lain adalah 1 genggam teri, 1 ons cabai rawit, 1 buah tomat, 10 butir bawang merah, 5 butir bawang putih, terasi, minyak goreng, garam, gula pasir, dan kemangi. Setelah menyiapkan semua bahan yang diperlukan, bisa langsung melakukan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Mencuci beberapa bahan yang diperlukan

Supaya bahan tersebut tetap higienis dan bersih, maka harus dicuci terlebih dahulu.  Beberapa bahan yang dicuci antara lain adalah cabai, teri, bawang merah dan bawang putih, tomat, dan kemangi. Untuk bawang merah dan bawang putih perlu dikupas terlebih dahulu lapisan bagian luarnya. Cuci bahan-bahan tersebut sampai bersih.

  1. Mulai menggoreng

Gorenglah cabai dan 6 butir bawang merah, semua bawang putih, dan tomat sampai terlihat layu. Setelah itu bisa langsung ditiriskan. perlu diperhatikan bahwa bawang merah yang digoreng cukup 6 butir saja karena 4 butir sisanya diiris untuk dijadikan taburan bawang goreng. Taburan bawang goreng ini menjadikan aroma dari sambal teri kemangi lebih nikmat.

  1. Goreng bahan yang lain

Apabila cabai dan bawang sudah digoreng hingga layu, langkah selanjutnya yaitu menggoreng teri dan terasi. Namun perlu diingat bahwa untuk menggoreng teri dan terasi tidak membutuhkan waktu yang lama. Tujuannya adalah supaya rasanya tidak gosong.

  1. Ulek bahan-bahan

Jika semua bahan sudah digoreng dan sudah ditaruh pada cobek, langkah langkah selanjutnya yaitu dengan mengolah semua bahan. Jangan lupa untuk menambahkan garam dan gula pasir ke dalamnya sehingga rasa sambal menjadi lebih nikmat. Teri dan kemangi dimasukkan pada sambal jika sambal tersebut sudah jadi. Perusahaan setelah itu ditaburi dengan bawang goreng.

Resep Kedua

Untuk resep kedua terkait dengan cara membuat sambal teri kemangi ini tidak jauh beda dengan resep yang pertama. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain adalah 5 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 2 cabe merah, 15 cabe rawit, 1 buah tomat, kemangi secukupnya, dan teri. Sementara untuk bumbu yang digunakan cukup menggunakan gula merah, garam, dan terasi. 1.

  • Goreng semua bahan

Jangan lupa untuk mencuci bawang merah, bawang putih, cabe, dan tomat terlebih dahulu sebelum menggorengnya. Pastikan bahwa bahan-bahan tersebut sudah bersih sehingga aman untuk dikonsumsi. Setelah itu barulah goreng semua bahan pada ada minyak yang panas di atas kompor.

  • Mulai ulek bahan-bahan

Langkah berikutnya yaitu mengulek semua bahan sampai halus. Jangan lupa untuk menambahkan bumbu gula merah, garam, dan terasi. Untuk terasi sudah digoreng terlebih dahulu bersama dengan menggoreng cabe dan bawang. Ulek semua bahan sampai benar-benar harus menggunakan tangan.

  • Tambahkan teri dan kemangi

Terakhir adalah poin terpenting yang menjadikan sambel ini sebagai sambal khas, yaitu menambahkan teri dan daun kemangi pada sambal. Ulek atau campur kan bersama dengan sambel sampai benar-benar tercampur rata. Sambal pun siap untuk disajikan dan dimakan dengan nasi hangat.

Aroma kemangi yang ada pada sambal membuat nafsu makan semakin meningkat sehingga sambal ini sangat cocok dilahap kapan pun dan dimana pun. Sambal teri kemangi ini siap menjadi teman makan bersama keluarga.

Share Button