Skip to content

Resep Bakso Ayam Tenis

Siapa nih yang penggemar bakso? Seperti yang kita ketahui, banyak sekali jenis-jenis bakso yang menggugah selera siapa pun yang menyukainya. Jika Anda salah satu penggemar bakso, sudah pernah coba mengonsumsi bakso ayam? Yaps, selain bakso yang terbuat dari daging sapi ataupun ikan, bakso juga bisa dibuat dari daging ayam, loh.

Apakah Anda ingin tahu bagaimana cara membuat bakso ayam sendiri? Ada nih resep bakso ayam tenis yang bisa Anda coba.

Bahan Untuk Adonan Bakso

Daging ayam giling 500 gram

Bawang putih 2 siung, iris tipis, goreng, lalu haluskan

Garam 1,5 sendok teh

Merica bubuk 1/2 sendok teh

Kecap asin 2 sendok teh

Minyak wijen 1 sendok teh

Tepung Kanji 100 gram

air es atau es batu 100 gram

Putih telur 1

Bahan Kuah

Kaldu ayam 1.500 ml

Minyak goreng secukupnya, untuk menumis

Bawang putih 5 siung, memarkan

Garam

Merica bubuk

Bahan Pelengkap

Potongan sawi hijau

Bawang goreng secukupnya

Irisan halus seledri

Irisan halus daun bawang

Sambal

Cara Membuat Bakso:

  1. Campur seluruh bahan-bahan pembuatan bakso yang ada di atas ke dalam sebuah wadah. Aduk rata. Jika daging ayamnya sudah digiling terlebih dahulu, saat pencampuran bahan-bahan bisa menggunakan tangan. Namun, jika dagingnya belum digiling, Anda bisa menggunakan food processor untuk proses pencampuran bahan-bahannya.
  2. Panaskan panci yang berisi air hingga panas saja, tidak perlu mendidih. Laliu ambillah adonan bakso dengan menggunakan tangan, kepal-kepal adonan hingga keluar dari sela-sela antara ibu jaro dan jari telunjuk. Ambil adonan yang keluar tadi dengan menggunakan sendok. Setelah itu, langsung masukkan adonan ke dalam air panas tersebut. Cara tersebut bisa dilakukan jika Anda ingin membuat bakso ayam yang berukuran biasa. Jika Anda ingin membuat bentuk yang lebih besar. Cobalah untuk membuat bakso dengan ukuran sebesar bola tenis. Nah, untuk membuat bakso yang berukuran bola tenis, Anda bisa membuatnya dengan bantuan cetakan yang berbentuk bulat ataupun cetakan yang berbentuk setengah bulat, dua buah. Jadi, Anda bisa merebus adonan baksonya sekaligus dengan cetakannya. Pastikan Anda sudah mengoles minyak pada cetakannya terlebih dahulu, ya. Agar proses pelepasan baksonya bisa dilakukan dengan mudah.
  3. Lakukan berulang-ulang hingga adonan bakso habis.
  4. Setelah itu, masak bakso hingga mengapung. Artinya matang.
  5. Angkat dan tiriskan.

Cara Membuat Kuah Bakso:

  1. Siapkan panci yang agak besar, lalu masukkan kuah kaldunya terlebih dahulu. Jika Anda tidak bisa menemukan kuah kaldu, Anda bisa membuatnya sendiri. Caranya yaitu dengan merebus tulang-tulang ayam seperti tulang sayap, kaki, tulang dada, leher, dan punggung pada air sebanyak 2 liter. Rebuslah air tersebut hingga airnya berkurang menjadi sekitar 1 1/2 liter.
  2. Siapkan panci teflon yang kecil. Panaskan minyak goreng secukupnya, lalu tumis bawang putih yang sudah dimemarkan tadi sampai harum.
  3. Lalu, masukkan ke dalam panci yang berisi air kaldu. Tambahkan garam dan merica bubuk. Koreksi rasa
  4. Setelah rasanya pas, masukkan bakso ayam yang sudah jadi hingga mendidih.
  5. Siapkan potongan sawi hijau ke dalam mangkuk, secukupnya saja. Tuang bakso beserta kuah didalamnya. Lalu, tambahkan bahan pelengkap lainnya sesuai selera masing-masing.
  6. Bakso ayam tenis siap untuk dihidangkan.

Itulah bahan-bahan dan cara membuat bakso ayam tenis yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Yuk, coba buat bakso ayam tenis ini.

Share