Skip to content

Resep Andalan Iga Bakar Panggang Madu Teflon

Siapa nih yang suka menyantap iga bakar? Iga sendiri merupakan bagian dari tubuh hewan yang memiliki tekstur daging yang lebih lembut dan dipadupadankan dengan adanya lemak yang tidak terlalu banyak. Kenikmatan daging dan lemak itulah yang membuat banyak kalangan menyukai makanan yang satu ini.

Biasanya, bagian iga ini dimasak dengan cara direbus ataupun dibakar. Kedua cara tersebut sama-sama disukai oleh para penggemar iga. Namun, jika Anda disodorkan iga bakar, tak mungkin Anda menolaknya, kan? Siapa sih yang akan menolak jika disuguhi iga bakar? Pasti tidak sanggup untuk menolaknya, kan?

Apakah Anda tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah? Jangan khawatir, meskipun Anda tidak memiliki alat pembakaran seperti yang digunakan oleh penjual iga bakar, Anda tetap bisa memasaknya sendiri di rumah.

Pernah mendengar tentang teflon grill? Teflon grill sendiri itu ialah alat masak yang berbahan teflon dan memang dikhususkan sebagai alat bakar-bakaran di rumah. Bahan teflon grill ini menggunakan kualitas yang tinggi sehingga pada saat proses pembakaran berlangsung, daging-daging atau sayuran yang sedang dibakar tidak akan lengket ke teflon tersebut. Untuk mendapatkan teflon grill ini, Anda bisa menemukannya dengan mudah di toko-toko online ataupun toko peralatan dapur terdekat.

Jika Anda sudah memiliki teflon grill tersebut, mari saatnya memasak iga bakar madu sendiri di rumah. Tenang saja, cara membuat iga bakar madu ini sangat mudah, kok! Caranya?

Bahan-Bahan

Iga sapi 1 kg

Saus tiram 2 sendok makan

Madu 2 sendok makan

Pala 1

Garam

Gula pasir

Lada

Mentega secukupnya untuk menumis

Air secukupnya untuk merebus

Bumbu yang Dicincang Halus

Bawang Bombay 1 buah

Bawang putih 5 siung

Jahe 1 ruas

Cara Membuat:

  • Siapkan wajan atau panci yang agak besar, kira-kira cukup untuk merebus iga sapinya. Lalu, tumis bumbu-bumbu yang sudah dicincang halus tadi dengan menggunakan mentega. Tumis hingga benar-benar harum.
  • Setelah itu, masukkan iga sapinya, aduk merata dan masak hingga berubah warna. Lalu, tambahkan madu, saos tiram, kecap manis, pala, garam, dan lada bubuk. Aduk rata.
  • Tuangkan air perlahan-lahan sambil diaduk terus, Tambahkan air hingga iga terendam semua.
  • Masak iga hingga empuk dengan menggunakan api kecil agar bumbunya dapat meresap sempurna ke dalam dagingnya. Anda bisa menyesuaikan tingkat keempukan iga dengan selera masing-masing. Jika Anda lebih suka iga dengan tekstur yang lebih empuk dan lembut, maka Anda bisa memasaknya agak lebih lama.
  • Setelah dirasa iganya sudah empuk, angkat dan tiriskan.
  • Lalu, panaskan teflon grill beri sedikit minyak atau mentega agar tidak terlalu lengket. Bakar iga yang sudah matang hingga berkerak dan berwarna kecokelatan. Untuk proses pembakarannya tidak perlu membutuhkan waktu yang lama karena iganya sendiri sudah matang. Yang perlu Anda lakukan ialah membakarnya hingga berkurangnya kandungan air yang ada di dalam iga tersebut.
  • Iga bakar madu siap dihidangkan

Jika Anda tidak ingin menunggu iganya untuk empuk agak lama, Anda bisa menggunakan panci presto, jika Anda memilikinya. Tahapnya sama yaitu dengan menumis bumbu terlebih dahulu, mencampurkan iga dan memasukkan sisa bahan. Lalu, masukkan iga yang sudah dibumbui tadi ke dalam panci presto dan tambahkan air secukupnya. Aduk rata. Masaklah iga tersebut selama 15 hingga 30 menit. Lalu angkat, tiriskan, dan bakar. Dengan begitu, waktu yang dibutuhkan untuk memasak akan lebih cepat dibandingkan dengan memasak dengan cara direbus biasa.

Share