Skip to content

Nikmati Kelezatan Soto Daging Madura!

Soto merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang memiliki beraneka ragam cita rasa yang didapatkan dari daerah masing-masing. Hampir di seluruh kawasan di Indonesia terdapat menu soto yang berbeda-beda. Ada soto Madura,

Dari sekian banyak pilihan soto yang ada, soto Madura merupakan salah satu soto yang harus dicicipi kelezatannya. Meskipun soto ini berasal dari Madura, bukan berarti Anda harus pergi kesana terlebih dahulu untuk mencicipinya.

Sekarang, Anda bisa merasakannya kenikmatan soto Madura ini di rumah. Cara membuat soto Madura ini terbilang sangatlah mudah. Ingin tahu bagaimana caranya?

Bahan

Daging sapi 300 gram, potong dadu

Usus sapi 150 gram, cuci bersih dan rebus berkali-kali untuk menghilangkan bau amis

Babat 150 gram, cuci bersih dan iris tipis

Air 3,5 liter

Gula pasir

Garam

Lada bubuk

Lengkuas sebesar 3 ruas jari, memarkan

Daun jeruk 4 lembar

Serai 3 batang, memarkan

Minyak goreng secukupnya

Bumbu Yang Dihaluskan

Bawang putih 5 siung

Bawang merah 12 butir

Kemiri 4 butir, sangrai

Jahe sebesar 2 ruas jari

Kunyit sebesar 2 ruas jari, bakar

Ketumbar 2 sendok teh

Merica 1 sendok teh

Bahan Pelengkap

Irisan halus seledri

Jeruk nipis

Irisan tipis daun bawang

Bawang goreng

Sambal

Cara Membuat Soto Madura:

  1. Didihkan air sebanyak 3.5 liter. Setelah mendidih, masukkan daging sapi yang telah dicuci bersih dan dipotong dadu. Masak hingga mengeluarkan kaldu.
  2. Setelah itu, masukkan usus dan babat ke dalam rebusan tadi. Masak terus hingga daging dan jeroannya empuk.
  3. Selagi menunggu daging empuk, haluskan semua bumbu yang harus dihaluskan. Anda dapat menghaluskan daging tersebut menggunakan cara manual, di uleg, atau menggunakan blender. Jika Anda ingin menghaluskannya dengan menggunakan blender, tambahkan sedikit minyak agar bumbu-bumbu tadi bisa halus merata.
  4. Setelah itu, teflon dan panaskan minyak untuk menumis. Tumislah bumbu yang dihaluskan hingga tercium aroma harum dari bumbu tersebut. Lalu, masukkan lengkuas, serai dan daun jeruk. Tumis terus hingga merata.
  5. Setelah itu, langsung masukkan tumisan bumbu ke dalam panci yang berisi daging dan jeroan yang sedang direbus. Aduk rata.
  6. Tambahkan garam, gula pasir, dan lada bubuk. Koreksi rasa.
  7. Tutup panci dan diamkan selama kurang lebih 15 menit hingga bumbu-bumbu tadi meresap ke dalam dagingnya.
  8. Setelah itu, barulah soto Madura ini siap untuk dihidangkan. Jangan lupa juga untuk menambahkan bahan pelengkap pada mangkok masing-masing.

Oiya, ada tips nih untuk menghilangkan bau amis pada usus yang akan digunakan. Seperti yang kita tahu, usus itu sangat berbau amis dan bau amis tersebut harus dihilangkan sebelum mencampurkannya dengan bahan lainnya. Anda bisa menggunakan bahan-bahan penghilang amis seperti jeruk nipis atau daun jeruknya pada saat ingin merebusnya.

Setelah dicuci bersih, Anda bisa menambahkan air perasan jeruk nipis pada usus tersebut. Bisa juga Anda menggunakan beberapa helai daun jeruk saat merebus usus tadi. Sesuaikan saja jumlah daun jeruknya dengan banyaknya usus yang digunakan.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa merebusnya berkali-kali hingga aroma amis yang terdapat dari usus tersebut hilang. Dengan begitu, Anda bisa menikmati soto Madura ini tanpa terganggu dengan aroma amis yang dihasilkan dari usus tersebut.

Itulah resep soto Madura yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Dengan mengaplikasikan tips untuk memasak usus itu, soto Madura Anda akan terasa lebih nikmat tanpa adanya gangguan dari bau amis yang mengganggu.

Share