Skip to content

Kuliner Enak Khas Palembang

Kuliner Enak Khas Palembang – Kota Palembang memang terkenal dengan hidangan khasnya berupa pempek Palembang. Namun selain pempek Palembang tersebut, masih banyak lagi hidangan kuliner lainnya yang khas. Mulai dari minuman, makanan berat, camilan atau jajanan.

Jadi ketika Anda sudah datang ke Palembang, jangan lupa untuk mencoba berbagai macam makanan tersebut. Biasanya sering ditemukan di restoran, toko kaki lima hingga memesannya melalui catering.

Kuliner Enak Khas Palembang

10 Kuliner Enak Khas Palembang yang Bisa Anda Coba

  • Pempek Palembang

Hidangan yang pertama sudah pasti adalah pempek Palembang. Hidangan khas ini bahkan sudah banyak yang menjualnya tidak hanya di Palembang saja. Namun rasa dari pempek khas langsung dari Palembang pasti rasanya akan berbeda.

Pempek terbuat dari bahan ikan seperti ikan tenggiri dan juga sagu kemudian telur. Pempek sendiri memiliki beberapa jenisnya seperti lenjer, adaan, kapal selam dan lainnya. Sausnya juga khas yaitu menggunakan cuka atau cuko. Cuka tersebut menggunakan cabai, gula merah, bawang putih, udang ebi dan garam.

  • Roti koing

Hidangan berupa kue atau jajanan ini juga khas dari Palembang. Makanan ini memiliki bentuk yang bulat dan juga sedikit keras. Berbeda dengan kue lainnya yang manis, roti ini justru memiliki rasa yang tawar. Untuk itu kebanyakan rotinya akan dihidangkan dengan teh atau kopi. Ketika memasuki bulan puasa, roti ini malah menjadi makanan wajib untuk berbuka.

  • Es kacang merah

Jika biasanya kacang merah adalah campuran untuk sup, namun di Palembang justru berupa es. Es ini malah menjadi teman yang pas setelah makan pempek yang kering dan berminyak. Es kacang merah ini biasanya mudah ditemukan pada pedagang kaki lima.

Jika Anda pesan kuliner enak khas Palembang pempek, maka jangan lupa untuk memesan es kacang merahnya juga.

  • Pindang Tulang

Tulang hewan bisa menjadi sajian khas kota Palembang, namanya pindang tulang. Pindang tulang ini menggunakan tulang sapi dengan sedikit sumsum tulang dan daging. Untuk bahan halusnya menggunakan cabai hijau, serai, lengkuas, bawang merah, bawang putih, dan kunyit. Agar menambah cita rasanya yang segar dan nikmat, maka bisa menggunakan irisan tomat dan sayuran. Biasanya hidangan ini akan enak bila menggunakan nasi putih hangat.

  • Pindang patin

Jika Anda tidak terlalu menyukai pindang tulang, maka bisa mencoba hidangan pindang patin ini. Sesuai dengan namanya, hidangan ini menggunakan ikan patin sebagai bahan utamanya. Menggunakan ikan patin, karena memang ikan patin banyak berkembang di Palembang. Ikan ini juga memiliki daging dengan tekstur yang lembut sehingga cocok untuk olahan pindang.

Bahan-bahannya seperti ikan patin segar, bawang merah, bawang putih, daun salam, kunyit, jahe, serai, daun salam dan belimbing sayur. Hidangan ini memiliki rasa yang segar dan gurih serta sedikit masam karena menggunakan belimbing sayur. Biasanya akan banyak yang jual kuliner enak khas Palembang ini melalui catering.

  • Mie Celor

Hidangan yang satu ini hampir mirip dengan mie Aceh. Akan tetapi yang membedakan adalah jenis mie yang digunakan. Mie celor menggunakan jenis mie telur. Untuk kuahnya sendiri menggunakan kuah santan kaldu ebi. Satu porsinya akan mengandung telur, kucai, daging udang dan taoge.

Rasanya cukup gurih karena menggunakan kuah santan. Mie ini juga cocok untuk sarapan Anda di pagi hari.

Baca juga : Pesan Nasi Tumpeng di Pamulang

  • Laksan

Makanan ini juga tidak kalah dengan pempek Palembang. Bentuknya juga cukup unik yaitu berbentuk oval. Tepung sagu dan ikan adalah bahan baku yang digunakan untuk membuat laksan ini. Bahkan rasanya juga hampir sama dengan pempek Palembang.

Namun yang membedakannya dengan pempek Palembang adalah dari kuahnya. Jika pempek menggunakan kuah cuko, maka laksan menggunakan kuah seperti lontong sayur. Jadi kuahnya menggunakan santan dan sedikit cabai merah untuk warna kemerah-merahannya. Rasanya cukup gurih dan nikmat.

  • Model

Siapa yang menyangka bahwa model merupakan nama makanan khas dari Palembang. Hidangan ini masih hampir sama dengan pempek dimana menggunakan bahan daging ikan. Ada ikan tenggiri, tepung sagu, telur dan tahu cina. Untuk kuahnya sendiri menggunakan kuah udang yang khas.

Hidangan ini ternyata mirip dengan tekwan. Namun yang membedakan adalah tahunya yaitu menggunakan tahu cina. Hidangan ini akan banyak pada penjual keliling atau kaki lima hingga restoran. Kuliner enak khas Palembang murah ini juga harganya cukup terjangkau.

  • Tekwan

Sudah menjadi hal yang biasa bila bakso termasuk makanan kesukaan semua orang. Namun jika di Palembang, namanya bukan bakso melainkan tekwan. Tekwan adalah makanan yang menggunakan campuran ikan tenggiri. Nantinya juga akan ada campuran dari tepung tapioka.

Makanan yang khas dari Palembang ini bisa juga dengan bakso ikan, jamur kuping, mie putih dan irisan bengkuang. Jika bakso menggunakan kuah dari kaldu ayam atau sapi, namun tekwan ini menggunakan kuah dari udang. Jadi sangat cocok untuk Anda pecinta makanan laut atau seafood.

  • Kemplang

Jika tadi ada makanan berat, maka selanjutnya ada camilan yang khas dari Palembang. Camilan tersebut bernama kemplang. Kemplang adalah kerupuk yang terbuat dari ikan gabus atau ikan tenggiri. Kemplang juga memiliki beberapa jenis yang bisa Anda coba. Seperti kempang panggang, kemplang kerupuk, kemplang mangkok, kemplang getas dan kemplang mangkok.

Sama halnya dengan kerupuk, kuliner enak khas Palembang ini memiliki rasa yang renyah dan khas dari ikan. Biasanya kemplang ini banyak tersedia di pasar-pasar tradisional.

Share Button