Skip to content

Cara Membuat dan Menghias Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng merupakan menu makanan tradisional yang selalu hadir di setiap acara-acara tertentu dan masih bertahan hingga hari ini. Meskipun sedang marak pilihan makanan kekinian yang menggugah selera, nasi tumpeng memang selalu menjadi juara untuk semua kalangan. Jika Anda tertarik untuk menyediakan menu yang satu ini, Anda bisa pesan nasi tumpeng di catering-catering terdekat atau membuatnya sendiri di rumah.

Jika memang nasi tumpeng yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, cobalah untuk membuatnya sendiri. Namun, jika Anda membutuhkan nasi tumpeng dalam jumlah yang banyak, Anda bisa langsung pesan nasi tumpeng ke catering yang tersedia di sekitar tempat tinggal Anda.

Biasanya, nasi tumpeng itu terdiri dari nasi kuning dan beberapa lauk pilihan yang sederhana.  Meskipun menu makanan ini sangat sederhana, jika dihias dengan menggunakan konsep modernisasi, nasi tumpeng itu tidak akan kalah menariknya dengan makanan kekinian lainnya. Apalagi, penikmat nasi tumpeng ini selalu tidak lekang oleh waktu.

Jika Anda tertarik untuk membuat nasi tumpeng sendiri, Anda bisa menggunakan penanak nasi untuk membuat nasi kuningnya. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot membuat nasi kuning yang menggunakan dandang atau sejenisnya. Cukup menggunakan penanak nasi yang sering Anda gunakan sudah bisa menghasilkan nasi kuning yang sedap dan lezat.

Ingin tahu bagaimana cara membuat nasi kuning yang menggunakan penanak nasi? Yuk, simak caranya di bawah ini:

Bahan-Bahan

Kunyit 5 cm

Lengkuas 2 cm

Jahe 5 cm

Parutan kelapa tua 1 buah

Serai 2 batang, memarkan

Daun salam 4 lembar

Bawang merah 5 siung

Beras 1 kg

Daun pandan 2 lembar

Air 900 ml

Garam

Cara Membuatnya:

  • Buatlah santannya terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan mencampurkan air pada parutan kelapa tua. Remas-remas kelapanya agar keluar sari-sari kelapanya. Setelah itu, barulah diperas hingga airnya keluar semua. Setelah itu, sisihkan.
  • Setelah itu, haluskan jahe, kunyit, bawang merah, dan lengkuas. Tambahkan sedikit garam. Aduk rata. Anda dapat menghaluskan bahan-bahan tersebut menggunakan blender atau diuleg dengan cara manual. Jika ingin menghaluskan bumbu dengan menggunakan blender, tambahkan sedikit minyak agar proses penghalusannya dapat berjalan lancar.
  • Setelah itu, siapkan wajan dan panaskan sedikit minyak. Tumislah bumbu yang telah menjadi halus tadi hingga harum.
  • Setelah itu, masukkan serai, daun salam, dan daun pandannya. Aduk rata.
  • Setelah aromanya benar-benar keluar dan tercium harum, masukkan santan. Aduk dan tunggu hingga mendidih.
  • Selagi menunggu santan mendidih, Anda bisa mencuci berasnya. Cuci bersih beras yang ingin digunakan. Lalu, masukkan ke dalam wadah penanak nasi.
  • Setelah santannya mendidih, masukkan campuran bahan tadi ke dalam wadah penanak nasi yang berisi beras tersebut. masukkan dan aduk rata.
  • Setelah tercampur rata, baru Anda bisa memasak nasinya seperti memasak nasi putih pada umumnya.
  • Begitu nasinya matang, Anda bisa langsung mengaduk-ngaduknya agar nasinya tidak menggumpal.
  • Pindahkan nasi kuning tadi ke dalam wadah dan aduk terus hingga tidak tersisa uap panasnya. Hal ini memang harus dilakukan untuk menghindari penggumpalan nasi kuning jika dibiarkan lembab terlalu lama.

Setelah nasi kuningnya jadi, barulah Anda bisa menghias nasi tumpeng sesuai dengan yang Anda inginkan. Adapun bahan-bahan pelengkap yang biasa sering digunakan, berupa:

Kering tempe

Tahu atau tempe goreng

Rendang atau ayam goreng

Telur dadar goreng yang diiris panjang atau telur rebus

Mie goreng atau bihun goreng

Sambal goreng kentang

Kerupuk

Lalapan

Sambal

Untuk masalah bahan pelengkapnya, Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Setelah semua bahan tersedia, barulah Anda bisa menyusun nasi tumpengnya. Penyusunan nasi tumpeng juga bisa dilakukan dengan dua cara.

Pertama, penyusunan nasi tumpeng biasa yang menggunakan tampah dan menghasilkan nasi tumpeng yang besar. Biasanya, nasi tumpeng besar ini dibikin sebagai simbolis untuk suatu acara-acara yang penting. Cara penyusunan yang kedua, Anda bisa menyusun nasi tumpeng mini. Nasi tumpeng mini ini hanya memang disediakan untuk porsi satu orang saja.

Setelah memutuskan ingin menggunakan cara penyusunan yang mana, barulah Anda bisa menghias nasi tumpengnya. Biasnya, alas yang digunakan untuk nasi tumpeng menggunakan daun pisang yang telah dibentuk seperti segitiga kecil-kecil yang berjejer hingga bagian pinggirnya terlihat lebih cantik dan rapi.

Setelah itu, barulah Anda bisa membuat nasi tumpeng yang berbentuk kerucut. Tentu saja, bentuk kerucut ini dibantu dengan alat cetak nasi tumpeng yang memiliki bentuk kerucut. Letakkan saja nasi itu di bagian tengah alas. Lalu, Anda bisa meletakkan bahan-bahan pelengkap di sekeliling nasi kuningnya tersebut.

Agar tampilan nasi tumpengnya terlihat lebih cantik, Anda bisa memberi hiasan mawar yang terbuat dari kulit tomat, atau membuat gurita dari cabai merah, dan hiasan-hiasan lainnya yang bisa Anda bikin dari bahan-bahan makanan lainnya. Jika Anda tidak punya keahlian dalam masak-memasak, pesan nasi tumpeng saja.

Share