Skip to content

Ayo Buat Ayam Saus Telur Asin

Seberapa sering mendapati makanan yang dilumuri oleh saus telur asin? Bahasa inggrisnya saus telur asin ialah salted egg. Siapa sangka, kuning telur asin ini bisa dijadikan sebagai inovasi baru dalam pembuatan saus makanan.

Entah berawal dari mana, sekarang ini sedang marak dan ramai sekali kuliner yang serba menggunakan saus telur asin. Well, bagian telur asin yang digunakan hanyalah bagian kuningnya saja. Bagian putihnya bisa digunakan untuk dimasak pada menu lainnya.

Apakah Anda tertarik untuk memasak makanan yang menggunakan saus telur asin? Dari berbagai macam menu makanan yang tersedia, ada nih salah satu menu makanan yang populer yaitu chicken salted egg. Bahkan, ramai penjual yang menjajakan menu makanan hits yang satu ini.

Jika Anda penasaran bagaimana sih rasanya makanan yang sedang hits ini, Anda bisa membikinnya sendiri di rumah. Tentu saja, bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah didapatkan, kok! Apa aja sih bahan-bahannya?

Bahan-Bahan Untuk Ayam Pop

Fillet dada ayam 1 pasang, potong dadu

Telur 2 butir, kocok

Tepung maizena atau tepung tapioka secukupnya

Garam

Merica

Minyak untuk menggoreng

Bahan Untuk Saus Telur Asin

Kuning telur asin 3

Daun bawang 1, iris halus

Margarin 3 sendok makan

Bawang putih 3 siung, memarkan dan cincang kasar

Kaldu ayam bubuk

Garam

Merica

Gula pasir

Susu full cream secukupnya

Daun kari

Cara Membuat Ayam Pop:

  • Hal pertama yang harus dibuat ialah ayam popnya terlebih dahulu. Caranya mudah sekali. Panaskan minyak yang agak banyak untuk menggoreng ayam popnya terlebih dahulu.
  • Sembari menunggu minyaknya panas, Anda bisa langsung mengolah ayamnya. Beri sedikit garam dan merica pada tepung, potongan dadu daging ayam, dan telurnya. Aduk rata.
  • Setelah itu, lapisi potongan dadu daging ayam ke dalam tepung. Lalu masukkan ke kocokan telur, lalu kembali lagi ke tepung. Lakukan langkah-langkah tadi hingga semua dadu daging ayam sudah terlapisi tepung dengan baik.
  • Setelah itu, Anda bisa langsung memasukkan daging ayam yang sudah dilumuri tepung langsung ke dalam minyak yang sudah dipanaskan tadi. Goreng hingga berwarna emas kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Cara Membuat Saus Telur Asin

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat saus telur asin ini yaitu dengan melumatkan kuning telur asinnya terlebih dahulu. Jika dirasa terlalu susah untuk melumatkan kuningnya, Anda bisa mencampurkan sedikit susu agar lebih mudah melumatkan kuning telur tersebut. Anda bisa menggunakan bantuan garpu untuk melumatkannya.
  • Setelah itu, siapkan panci anti lengket atau teflon, panaskan margarin dan tumis bawang putih hingga harum.
  • Setelah harum, masukkan daun kari tumis sebentar hingga harum.
  • Lalu, masukkan telur asin yang sudah dilumatkan tadi. Tambahkan kaldu ayam, garam, dan merica. Sedikit saja. Aduk rata dan tunggu hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, masukkan susu sedikit demi sedikit untuk melihat kekentalan saus yang diinginkan. Jika ingin sausnya agak lebih kental, maka masukkan susunya sedikit saja. Tapi, jika tak masalah dengan kekentalan, Anda bisa memasukkan susu sesuai selera.
  • Setelah itu, masukkan irisan daun bawang dan sajikan.

Terdapat dua cara penyajian yang bisa dilakukan. Pertama, yaitu dengan mencampurkan ayam pop yang sudah dibuat ke dalam saus yang masih ada dalam teflon tersebut. Aduk terus hingga semua bagian ayam tercampur dengan saus telur asin tersebut. Setelah itu, baru angkat dan matikan.

Cara yang kedua, Anda bisa menyajikannya dengan cara yang terpisah. Cara yang terpisah ini juga terdapat dua bagian lagi. Pertama, Anda bisa menuangkan saus telur asin ini langsung diatas ayam pop yang tadi sudah dibikin. Cara penyajian yang kedua, Anda bisa menaruh saus telur asinnya diwadah yang terpisah. Jadi, bisa dicocol atau dituangkan ke atas ayam popnya sesuai dengan selera masing-masing.

Cara penyajiannya sangat dianjurkan sesuai dengan selera masing-masing. Untuk pilihan bagian ayam digunakan juga bisa disesuaikan dengan kesukaan masing-masing. Anda bisa menggunakan bagian paha bawah ataupun sayap.

Bisakah kita mengganti susu dengan air biasa? Tentu saja bisa, tapi rasa saus telur asinnya akan jauh berbeda dengan saus telur asin yang menggunakan susu. Saus telur asin yang menggunakan susu memiliki cita rasa yang lebih creamy dibandingkan yang menggunakan air biasa.

Oiya, untuk menyiasati kekentalan saus telur asinnya, Anda bisa menggunakan campuran larutan tepung maizena. Ambil 1 sendok makan maizena. Larutkan dengan sedikit susu. Aduk rata. Lalu, Anda bisa langsung masukkan larutan tepung tersebut ke dalam saus telur asin pada tahap akhir. Dengan begitu, sausnya akan menjadi lebih kental dari sebelumnya. Itulah cara membuat ayam saus telur asin kekinian yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Share